TANAMAN DAUN KOKANG BERKHASIAT SEBAGAI OBAT JERAWAT


Disusun oleh :
1. Mutiara Citra Refordayanti / 1713015042
2. Wendha Wardhana Putri / 1713015046

Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang umum ditemukan. Jerawat mempengaruhi daerah kulit yang memiliki banyak (kelenjar minyak) seperti wajah, dada bagian atas dan punggung . Penyebab jerawat belum diketahui secara lengkap tetapi penyebab jerawat yang sudah pasti adalah multi faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain genetik, ras, haid, pil antihamil, endokrin, makanan, pengaruh kejiwaan (psikis), infeksi bakterial atau kosmetik

Tanaman kokang (Lepishantes amoena (Haask) Leenh) merupakan tanaman yang bagian daunnya digunakan oleh suku Dayak Tunjung untuk perawatan kulit dengan cara mengambil pucuk daunnya, lalu dipilin hingga berbusa kemudian dijadikan sebagai pencuci muka. Oleh masyarakat suku Kutai daun kokang digunakan sebagai pengganti sabun mandi karena daun kokang mengeluarkan busa seperti sabun, dan juga biasa digunakan untuk bedak dingin.

Secara empiris, suku Kutai dan suku Dayak di Kalimantan Timur menggunakan daun kokang untuk perawatan kulit. Daun kokang (Lepishantes amoena (Haask) Leenh) merupakan tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar desa dan di hutan-hutan. Suku Kutai dan suku Dayak Tunjung menggunakan daun kokang untuk mengatasi berbagai masalah kulit di antaranya menghilangkan noda hitam di wajah, menyembuhkan bekas luka cacar dan bekas jerawat. Suku Dayak Benuaq mengenal kokang (Lepishantes amoena (Haask) Leenh) dengan nama selekop. Daun selekop diolah menjadi bedak dingin (pupur) untuk merawat kulit dan mengobati jerawat.

Ciri-ciri Tanaman Kokang yaitu tinggi 10 m; tajuk tidak teratur. Batang lurus, diameter 3 cm; kulit luar halus, coklat keputihan; kulit dalam coklat muda, Daun majemuk menyirip gasal, spiralis, bertangkai : tangkai daun 4-8 cm, pangkal tangkai membesar, jumlah helaian anak daun 5-8 pasang, helaian anak daun berbentuk elips memanjang, 5-12 x 2-4 cm, pangkal daun membulat, bagian ujung runcing, bagian tepi rata. Daun kokang memiliki kandungan metabolit sekunder, seperti senyawa fenolik, flavanoid, tanin, steroid, dan saponin.

Cara Pengolahan daun kokang untuk bedak dingin yaitu :
  1. Direndam beras selama 2 hari atau lebih
  2. Diambil daun kokang yang masih muda. Lalu, dicuci bersih
  3. Ditumbuk dengan beras yang sudah direndam sampai tercampur
  4. Setelah tercampur rata dan menjadi lunak. Diuleni kecil-kecil sebesar kelingking. Lalu dijemur dengan ditaburi daun pandan yang sudah di iris kecil-kecil.
  5. Setelah kering, disimpan didalam plastik klip
       Untuk mengatasi jerawat bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti tanaman kokang. Selain itu, jika rutin menggunakannya setiap hari, maka masalah seperti  kulit   berjerawat ataupun bekas jerawat dapat di atasi dengan mudah.

DAFTAR PUSTAKA

Warnida, Husnul., Yulia Sukawati. 2016. Formulasi Ekstrak Daun Kokang (Lepisanthes amoena (Hassk.) Leenh.) dalam Bentuk Gel Anti Acne. Indonesian Journal On Medical Science Vol.3 No. 2

Sasmita, Nanang., Indriyanto., Linda Lestari. 2008. IDENTIFIKASI TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT DI TAMAN NASIONAL KUTAI (TNK) KALIMANTAN TIMUR (Identification of Medicinal Plants in Kutai National Park, East Kalimantan. Forestry, East Kutai School of Agriculture.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINJAUAN TERHADAP PENGOLAHAN SAMPAH DI KOTA SAMARINDA

KENAPA MASIH SERING TERJADI RESISTENSI ANTIBIOTIK ?