TRENDING COFFEE SHOP

Disusun oleh :
1. Aulia Atika / 1713015106
2. Nadia Nadila Abdul Kadir / 1713015150

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki banyak pecinta kopi. Mulai dari remaja hingga dewasa menjadikan kopi sebagai kebutuhan sehari-hari seperti, sebelum berangkat kerja atau hanya dinikmati saat ingin santai. Tidak heran pertumbuhan tempat ngopi di Indonesia khususnya di Samarinda semakin meningkat, seiring bertambah banyaknya penikmat kopi.

Kopi pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1696 ketika Belanda membawa kopi dari Malabar, India ke Jawa. Tanaman kopi yang pertama kali masuk ke Indonesia adalah kopi arabika. Pada saat itu Belanda membudidayakan tanaman kopi disebuah perkebunan. Tahun 1706 sampel biji kopi yang tumbuh di tanah Jawa dikirim ke Amsterdam, Belanda untuk diteliti. Hasilnya sukses besar, biji kopi yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik. pada tahun 1878 hama atau penyakit karat daun menyerang perkebunan kopi, sehingga Belanda mengganti tanaman kopi torabika menjadi kopi liberika yang diperkirakan lebih tahan terhadap penyakit karat daun dibandingkan tanaman kopi torabika. Namun, setelah beberapa lama kopi liberika juga terkena penyakit karat daun. Pada tahun 1907 Belanda membawa tanaman kopi jenis yang lainnya yaitu kopi robusta dan kopi jenis ini lebih tahan terhadap penyakit karat daun hingga sekarang. Belanda membudidayakan tanaman kopi tidak hanya di perkebunan Jawa saja, tetapi Belanda memperluas perkebunan kopinya hingga ke Sumatera, Sulawesi, Bali, Timor, dan pulau-pulau lain yang ada di Indonesia.

Tempat-tempat yang menjual kopi sering disebut dengan kedai kopi atau coffee shop. Akan tetapi, terdapat perbedaan diantara kedai kopi dan coffee shop. Kedai kopi cenderung memiliki tempat yang sederhana dan lebih merakyat. Selain itu jarang terdapat furniture yang mahal dan harga kopinya termasuk murah. Sedangkan coffee shop memilki tempat dengan interior dan furniture yang lebih mencolok dan terkesan mahal, serta harga kopinya sedikit lebih mahal daripada kopi di kedai kopi. Akan tetapi karena tempat yang lebih menarik, banyak remaja yang memilih untuk membeli kopi di coffee shop daripada di kedai kopi. Hal ini dikarenakan di coffee shop para remaja akan bersantai, berkumpul bersama teman-teman, ataupun mengerjakan tugas sambil meminum secangkir kopi dengan suasana yang nyaman. Akan tetapi ada juga beberapa sumber yang mengatakan bahwa coffee shop dan kedai kopi mempunyai arti yang sama. Biasanya kedai kopi maupun coffee shop juga menjual makanan pendamping kopi, dari makanan berat hingga camilan. 

Kedai Kopi

Coffee Shop

Ciri-ciri coffee shop
1. Menu kopinya lengkap
2. Selalu memiliki pilihan single origin yang beragam
3. Memiliki espresso blend sendiri
4. Memiliki signature drink sendiri
5. Menyediakan banyak varian kopi dingin dan makanan lain

Coffee shop menjadi trend di kalangan masyarakat khususnya para remaja. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia lebih banyak memilih untuk minum kopi di coffee shop dibandingkan di rumah. Film dan buku novel yang bertemakan kopi juga semakin banyak bermunculan, mempengaruhi gaya hidup masyarakat dalam hal menikmati minuman dan makanan.  Trend  ngopi mulai booming saat novel dan film “Filosofi Kopi” karya Dewi Lestari muncul. Selain itu, masyarakat zaman sekarang lebih memilih rapat atau meeting di coffee shop dibandingkan didalam kantor. Hal ini dikarenakan pekerja kantoran cenderung bosan jika sepanjang hari berada didalam kantor, serta coffee shop tidak hanya menyediakan kopi, namun juga mneyediakan berbagai fasilitas seperti WiFi, kursi yang nyaman, dan pluggin kabel listrik. Coffee shop di Indonesia banyak yang lebih menekankan kepada interior tempat, varian kopi, varian racikan kopi, dan fasilitas yang dapat diberikan kepada konsumen sehingga konsumen betah berlama-lama ditempat kopi tersebut.

Pertumbuhan usaha coffee house hingga akhir 2019 diprediksi mencapai 15%-20%, naik jika dibandingkan dengan 2018 yang hanya mencapai 8%-10%. Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Syafrudin mengatakan, saat ini kontribusi coffee house terhadap serapan kopi produksi dalam negeri mencapai 25%-30%. Angka tersebut diprediksi terus naik ke level 35%-40% pada akhir tahun ini.

Ada beberapa jenis kopi yang menjadi favorit karena cita rasanya yang khas. Jenis kopi kesukaan anak muda :
1. Espresso
2. Americano
3. Caffe Latte
4. Cappuccino
5. Mocha
6. Frappe

Contoh coffee shop terkenal di Indonesia :
1. District7 Coffee
2. Sehidup Sekopi
3. Klinik Kopi
4. Two Hands Full
5. Seniman Coffee
6. Kopipedia

Contoh coffee shop terkenal dan favorit di Samarinda :
1. Troef Coffee
2. Ruang Teduh
3. Satu Kata
4. Salmont Coffee
5. Pops Coffee
6. Aksara Kopi & Buku
7. Kopinah 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANAMAN DAUN KOKANG BERKHASIAT SEBAGAI OBAT JERAWAT

TINJAUAN TERHADAP PENGOLAHAN SAMPAH DI KOTA SAMARINDA

KENAPA MASIH SERING TERJADI RESISTENSI ANTIBIOTIK ?